Tips Memilih Busana Pesta

Terkadang kita diundang ke pesta ulang tahun atau pesta pernikahan teman kita. Busana muslim yang kita kenakan tentu harus kita sesuaikan dengan acara yang kita datangi, dan jangan sampai 'saltum' (salah kostum). Walaupun busana muslim identik dengan susasana religius namun seiring perkembangan jaman, baju muslim juga dikenakan pada sembarang acara termasuk acara pesta. Yang penting adalah kita mampu membawa citra Islam dalam bertatabusana yang sopan, tanpa menanggalkan citra keindahan.

Busana seperti apakah yang harus Anda kenakan untuk menghadiri pesta formal? Sebenarnya simpel saja, busana muslimah yang sederhana pun bisa Anda kenakan untuk ke acara pesta yang formal. Namun dengan tambahan kreasi tentunya.
Berikut ini adalah tips memakai busana muslim untuk pesta:


1. Jika Anda menghadiri acara pesta di siang hari, kenakan baju muslimah dengan warna terang, namun pilihlah bahan pakaian yang mudah menyerap keringat dan tidak mudah kusut. Sebaiknya, kenakanlah pakaian potongan bukan gamis. Dan untuk Anda yang tidak banyak aktivitas di sana, mengenakan rok panjang bisa menjadi pilihan dan akan terlihat lebih anggun.

2. Jika Anda menghadiri acara pesta sore hari yang santai, Anda dapat mengenakan padanan warna yang segar, seperti hijau muda atau biru muda. Dengan tambahan bordiran, payet atau tunik jepang, disertai dengan variasi warna bahan yang lebih muda. Anda bisa memakai selendang agar penampilan Anda tidak monoton, Anda pun akan lebih terlihat gaya namun tetap formal.

3. Jika acara pesta berlangsung malam hari, produk busana muslim gaya glamour bisa menjadi pilihan Anda. Namun tidak perlu mengenakan yang bertabur kristal atau payet. Anda bisa menggunakan kaftan dengan embroidery emas atau perak. Alternatif lain, gunakan baju gamis bercorak floral dengan teknik lukisan atau tunik panjang bergaris kebaya yang dipadukan bersama kain.

4. Jika ingin tampil muda, tidak ada salahnya Anda mengenakan batik. Saat ini sudah banyak kain batik yang dikemas dengan gaya kontemporer. Pilih saja yang bermodel Jackie-O atau bergaris babydoll dan dipadu dengan denim atau celana pipa.

5. Jika ingin terlihat lebih formal, gunakanlah selendang sebagai tambahan asesoris. Jangan lupa sesuaikan warna dan motif dengan busana Anda.

6. Boleh saja memilih busana muslim gamis yang simple, hanya berupa terusan seperti gamis-gamis yang ada. Namun untuk model ini, perhatikan jenis dan motif bahan. Kenakanlah bahan baju muslim gamis sutra three in one' (yang terdiri dari gamis, jilbab dan selendang satu paket).

7. Boleh juga menambahkan aksesoris, entah itu cincin, tas, bros, tas juga sepatu yang serasi. Namun jangan dikenakan terlalu berlebihan, jika gamis sudah cukup ramai, cincin saja sudah cukup menjadi aksesoris yang manis.